Monday, January 16, 2012

Diskusi (bukan debat) Antar Agama : Saling Memahami Perbedaan.

Agama seringkali menjadi topik yang paling dihindari , karena kerap kali menimbulkan perbedaan pendapat yang dapat memicu adanya pertikaian antar agama.
Agama sendiri berasal dari bahasa Sanskerta ( a= tidak , gama= kacau balau). Tetapi mengapa dewasa ini agama seakan-akan mejadi sumber kekacauan itu sendiri? . Penganut agama A membunuh orang yang beragama B, penganut agama C menghancurkan rumah ibadah penganut agama D, agama E saling membenci dengan penganut agama F. Apakah ini yang menjadi tujuan agama?




Mahasiswa di AS mempunyai caranya sendiri untuk menghindari kekacauan itu. Mereka membuat sebuah forum diskusi antar agama yang bertujuan untuk mempertebal iman dan saling memahami perbedaan, sehingga kekacauan yang seringkali (seakan-akan) ditimbulkan oleh agama bisa dihindari.

"Dekan urusan agama di Universitas Southern California, Varun Soni, mengatakan banyak mahasiswa menjalankan agama dengan pemahaman mereka sendiri". Tetapi jika dikaji ulang, seringkali pemahaman-pemahaman sendiri dapat menimbulkan pemahaman-pemahaman yang tidak sesuai dengan yang seharusnya. Disinilah mahasiswa dihadapkan dengan berbagai pemahaman yang berbeda, yang mungkin saja membuat mereka meninggalkan keyakinannya atau malah membuat mereka semakin teguh memegang kepercayaannya.

Kembali lagi mengenai agama, pada dasarnya agama atau kepercayaan itu sendiri tidak dapat di ganggu gugat oleh pihak luar. Agama merupakan urusan hati dan Tuhan. Jadi, jika menemui perbedaan kepercayaan, baiklah kita bersedia memahami dan mentolerir perbedaan tersebut. Bukankah Agama itu ada supaya kita dapat berhubungan baik dengan Sang Pencipta? maka yang berhubungan baik dengan Tuhan, pasti juga berhubungan baik dengan sesama manusia.

Sumber : www.voanews.com "Mahasiswa AS Pertebal Keimanan lewat Diskusi Antar Agama di Kampus", Sabtu, 14 Januari 2012.

1 comments:

Unknown said...

Sip..

Post a Comment

LOVEMYLIFE © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute