Tuesday, November 24, 2009

SEJARAH WWW (World Wide Web)

Sejarah Web bermula di European Laboratory for Particle Physics ( lebih dikenal dengan nama CERN), di kota Jenewa dekat perbatasan Perancis dan Swiss. CERN merupakan organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Di bulan Maret 1898, Tim Barners dan peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu protokol sistem distribusi informasi di Internet yang memungkinkan para anggotanya tersebar di seluruh dunia berbagi informasi dan bahkan untuk menampilkan informasi tersebut dalam bentuk grafik.

Web browser pertama dibuat dengan berbasiskan pada teks.Untuk menyatakan suatu link ,dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu . Pemakai mengatikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam Web. Kebanyakan software tersebut dibuat untuk komputer-komputer yang menggunakan UNIX. Otomatis pengguna Windows nggak bisa mengunakan penemuan ini pada waktu itu. Tetapi semua ini berubah setelah munculnya browser Mosaic dari NCSA (National centre for Supercomputing Application).

Di bulan Mei 1993 , Mark Andreesen dan beberapa murid dari NCSA membuat Web browser untuk sistem X-Windows yang berbasiskan grafik dan mudah untuk digunakan. Dalam beberapa bulan saja,Mosaic telah mendapat perhatian baik dari pemakai lama dan pemakai baru di internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer lainnya berbasis UNIX,NeXT,Windows dan Macintosh.

Pada tahun 1994, Mark Andreesen meninggalkan NCSA , dan kemudian bersama Jim Clark, salah satu pendiri dari Silicon Graphics, membuat Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai Web browser dan bahkan sampai saat ini Netscape merupakan browser yang banyak digunakan setelah Internet Explorer dari Microsoft. Pada tahun yang sama CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan WORLD WIDE WEB CONSORTIUM (W3C) yang bertugas untuk membangun standart bagi teknologi Web. Teknologi terakhir yang dikembangkan oleh konsorsium ini adalah HTML Level 3.2 dengan kode Wilbur, banyak diimplementasikan oleh browser-browser. Salah satu browser yang telah menetapkan HTML Level 3.2 adalah Internet Explorer 3.0 dari Microsoft.

Pada awal perkembangannya, sewaktu browser masih berbasiskan teks hanya terdapat sekitar 50 website. Di akhir tahun 1995 jumlah ini telah berkembang mencapai sekitar 300.000 website. Dan diperkirakan sekarang ini jumlah pemakai Web telah mencapai sekitar lebih 30-an juta pemakai di seluruh dunia.



Sumber:Majalah HAI ! edisi 71

0 comments:

Post a Comment

LOVEMYLIFE © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute